AD (728x60)

Text widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 02 Oktober 2014

Geologi Kawasan Ciletuh

Share & Comment
Kawasan Ciletuh, Tamanjaya-Ciemas, Kabupaten Sukabumi dikenal sebagai salah satu dari tiga tempat di Pulau Jawa yang menyingkapkan kelompok batuan berumur paling tua di Pulau Jawa sehingga menjadikan daerah ini sangat unik dan langka secara geologi. Batuan yang tersingkap dipermukaan memperlihatkan pemandangan yang sangat eksotis, baik dari segi komposisi batuannya maupun dari segi  alamnya, sehingga menjadikan kawasan Ciletuh sangat unik dan tidak ditemukan ditempat lain. Dengan ciri khas yang dimilikinya berupa jenis batuan bancuh yang berumur Pra-Tersier atau Zaman kapur (sekitar 55-65 juta tahun yang lalu), kandungan fosil, proses dan bentang alam, serta proses geotektonik yang jarang ditemukan di tempat lain, merupakan bukti proses alam khususnya geologi yang langka sehingga dapat diunggulkan dan dibanggakan oleh Propinsi Jawa Barat.
Secara spesifik, geologi kawasan Ciletuh memiliki karakteristik yang khas, unik, dan langka. Kawasan ini memperlihatkan dua penggalan kerak bumi yang sangat berbeda sifatnya karena tersusun dari batuan yang berasal dari lempeng samudera dan lempeng benua, sehingga kawasan Ciletuh merupakan tempat yang menarik. Adapun singkapan batuan atau fenomena lainnya dapat ditemukan di daerah komplek Gunung Beas, Komplek Gunung Badak, dan Komplek Gunung Citireum.
Kawasan Ciletuh sangat penting sebagai lokasi untuk mempelajari ilmu Geologi , khususnya aspek tektonik, petrologi, stratigrafi, mikropaleontologi dan geomorfologi, juga memiliki masyarakat yang masih mempertahankan budaya dan kearifan lokal, untuk itulah Bio Farma bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan komunitas PAPSI berinisiatif dalam mengembangkan Kawasan Ciletuh ini menjadi kawasan percontohan untuk kelengkapan wisata Geologi di Jawa Barat.
 
Sumber : Biofarma 

Tags: , , , ,

Written by

We are a container of ideas, ideas, and suggestions with the local community to promote or preserve utilizing existing natural resources and or to not destroy nature and its contents.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Bahwa penyelenggaraan paguyuban ini diharapkan menjadi wadah ide, gagasan, dan saran masyarakat untuk memajukan daerah dengan memanfaatkan atau melestarikan kekayaan alam yang ada dan atau untuk tidak merusak alam dan isi-isinya.
Paguyuban percaya bahwa Potensi Alam yang dimiliki Alam Pakidulan Sukabumi sangat melimpah, kaya akan keindahan dan dijadikan sarana pendidikan yang diperoleh dari proses pembentukan alam yang khas, adalah milik yang paling berharga daerah ini dan karena itu perlu diperhatikan untuk dilestarikan serta diperkokoh kekuatan alam yang kaya akan pengetahuan ini.

Recent Posts

Secretariat Office

Jl.Tamanjaya No. 09 Rt.01 / Rw.02 Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, West Java - 43177 Indonesia
+6281323341341
Copyright © PAPSI | Designed by Templateism.com