AD (728x60)

Text widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 07 Oktober 2014

Karya Tulis Siswa SMPN 2 Surade

Share & Comment
Kunjungan murid-murid SMPN 2 Surade ke Geopark Ciletuh yang didampingi oleh PAPSI telah membuat karya tulis - karya tulis yang menarik, dan ini adalah tulisan tangan asli mereka yang kami tulis kembali di blog PAPSI untuk di publikasikan sebagai apresiasi dari kami untuk siswa-siswi SMPN 2 Surade. Tapi tidak semua karya tulis di publiksikan karena banyaknya karya tulis yang dikumpulkan, oleh karenanya ada 2 karya tulis yang kami posting di blog PAPSI sebagai perwakilan dari siswa siswi SMPN 2 Surade.
Dibawah ini adalah karya tulis siswa/i sebagai Peserta Study Tour ke Geopark Ciletuh:
1.Nama:Della Salsabila Najla
Sekolah:SMPN 2 Surade
Kelas:VII'A (Tujuh A)

A. Kata Pengantar

Alhamdulillahi ra'bbil a'lamin. Saya panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. Bahwasannya kunjungan ke-Geopark Ciletuh siswa siswi SMPN 2 Surade (Khususnya anak osis dan MPK) telah bisa terlaksana tepatnua pada hari minggu 21 September 2014.
Untuk berbagi cerita kepada teman-teman yang belum sempat mengunjngi Geopark Ciletuh, maka dengan ini saya mencoba untuk menunjukan keindahan dari Geopark Ciletuh melalui foto-foto dan tulisan ini.
Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang membaca tulisan ini, dan rekan-rekan tergugah hatinya untik mengunjungi tempat yang masih alami dan tersembunyi ini, yaitu Geopark Ciletuh.
Daftar Isi

A. Kata Pengantar
B. Sekilas gambar-gambar Geopark Ciletuh
C. Sekilas informasi Geopark Ciletuh
D. Pengalaman-pengalaman ketika mengunjungi Geopark Ciletuh

B. Sekilas Gambar-gambar Geopark Ciletuh
a) Gambar di sekitar daerah Panenjoanb) Gambar di sekitar daerah Panenjoan
c) Gambar di sekitar Curug Awang. Curug Awang adalah salah satu tempat wisata di Geopark Ciletuhd) Gambar di sekitar Curug Awang. Air yang akan mengalir ke Curug Awang

C. Sekilas Informasi Geopark Ciletuh
Geopark adalah taman bumi berarti geopark ciletuh adalah taman bumi yang ada di daerah Ciletuh, atau bisa disebut juga dengan taman laboratorium bumi.
Geopark terbagi 2 yaitu taman dan bumi. Taman : Hutan lindung, batu-batuan, dan mata air. Bumi : kayu, bambu, dan bunga
Panenjoan berasal dari bahasa Sunda yaitu "Tenjo" yang artinya melihat atau penglihatan. Dan dilaut Palangpang terdapat pulau yang bernama Pulau Mandra. Pulau Mandra berasal dari bahasa bugis (Sulawesi Selatan) yang artinya tempat makan, katanya dahulu itu pulau mandra adalah tempat makan atau tempat mencari makanan para mbah-mbah atau leluhur-leluhur yang tinggal di sekitar pulau mandra.
Curug Awang berasal dari Bahasa Sunda "awang" yang artinya tinggi, ketinggian curug awang adalah 30 m, lebarnya 40 m. Dan salah satu bunga yang terdapat di curug awang adalaha bunga arei kawao.

D. Pengalaman-Pengalaman Ketika Mengunjungi Geopark Ciletuh
Kami di bimbing oleh akang-akang anggota PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi). Kami dibagi menjadi beberapa regu dan kami diajak ke tempat-tempat yang ada di geopark ciletuh. Namun hanya 2 tempat yang kami jumpai yaitu panenjoan dan curug awang karena waktunya yang sangat terbatas.
Demikianlah pengalaman saya saat mengunjungi geopark ciletuh, mudah-mudahan tulisan ini dapat menginspirasikan teman-teman untuk datang ke Geopark Ciletuh.


2.Nama:Dede Purnia Sari
Sekolah:SMPN 2 Surade
Kelas:VIII'A (Delapan A)

Geopark Ciletuh


Pagi yang cerah.. Saya dan teman-teman pergi wisata pendidikan ke Geopark, setelah sampai kami di sambut hangat oleh tim Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI). Sebelum berangkat ke Panenjoan tim PAPSI menjelaskan tata tertib yang harus kami patuhi dan kami dibagi kedalam beberapa kelompok dengan di dampingi kakak pembimbing.
Panenjoan adalah tempat dimana kita bisa melihat keindahan alam dari atas. Panenjoan diambil dari kata tenjo yang berarti melihat, di panenjoan kita bisa refreshing otak/pikiran kita dan menjernihkan mata kita dengan melihat pemandangan yang begitu menakjubkan, di bawah terlihat beberapa pulau dan pedesaan diantaranya pulau mandra, pulau kunti, pulau keris dll. Nama pulau mandra diambil dari bahasa bugis (Sulawesi Selatan), nama mandra adalah salah satu hasil akulturasi masyarakat pada saat itu. Pulau kunti diberi nama kunti karena konon dulu pada saat nelayan menangkap ikan sambil bersandar di tengah malam terdengar suara-suara aneh shingga pulau ini dinamakan pulau kunti.
disana juga terlihat 3 Desa, Desa Ciwaru, Desa Mekarsakti, Mandrajaya. Disekitar pulau-pulau tadi terdapat batuan-batuan tua yang berumur jutaan tahun yang lalu, disana juga terlihat laut palangpang (Teluk Ciletuh). Fenomena geologi yang indah terdapat di pulau mandra.
Setelah di Panenjoan kami melanjutkan perjalanan ke Curug Awang, oh ya aku lupa di geopark juga terdapat beberapa curug, ada curug cimarinjung, curug sodong, curug cikanteh, curug awang, curug tengah, curug puncak manik dan lain-lain. Dinamakan curug awang karena posisinya paling atas tapi curug puncak manik memiliki posisi yang lebih tinggi dari curug awang. Di Curug Awang terdapat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 m, pemandangan di Curug Awang sangat menyejukan hati, udaranyapun sangat segar, wisata ini "is amazing" indah dan ada tantangannya. Curug Awang adalah lokasi yang menarik bagi wisatawan, dari pemandangannya yang sangat indah disana terdapat pohon kelapa dan sawit. Sayang sekali karena disana terdapat hutan yang gundul, seharusnya disana terus dilakukan penghijauan agar tetap menjaga keseimbangan alam dan untuk membuat Geopark itu terjaga kelestariannya dan keindahannya. kalau tidak salah disananya juga terdapat pertambangan emas yang mencemari lingkungan.
Geopark Ciletuh memiliki karakteristik yang khas, unik sekaligus langka, lihatlah fenomenaalam yang bgeitu menakjubkan, lihatlah masyarakat disana yang masih mempertahankan budaya sundanya dan kearifannya, lihatlah disana terdapat batuan-batuan berumur puluhan juta tahun lalu yanglangka.
Saya bangga karena ternyata dikawasan kami terdapat tempat yang indah mungkin inilah keindahan surga dunia yang telah tuhan berikan.
Saya berharap Geopark Ciletuh tetap terjaga kelestarianya masa turis saja melestarikannya kenapa kita tidak ? masa turis itu tahu lebih dalam tentang geopark tapi kita tidak?
Saya berharap geopark Ciletuh menjadi tempat yang memiliki pengunjung wisatawan agar mempunyai motivasi yang baik untuk tetap melestarikan Geoaprk Ciletuh. Dari buidayanya, ciri khasnya, keunikannya, kelangkaannya dan pendidikan yang terkandung dari geologi, fisika dan lain-lain untuk memajukan Indonesia dengan adanya.... "GEOPARK CILETUH"


"Ayo teman-teman nyesel lho kalo gak jalan-jalan ke geopark ciletuh."
mungkin hanya itu yang bisa saya sajikan kurang lebihnya tolong dimaafkan.


Geopark Ciletuh
Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi
Provinsi Jawa Barat.



Terimakasih untuk para siswa siswi SMPN 2 Surade yang telah membuat karya tulis yang menarik tentang Geopark Ciletuh.
SALAM HIJAU... SALAM GEOPARK !!!

Foto-Foto kegiatan >>>

Tags: , ,

Written by

We are a container of ideas, ideas, and suggestions with the local community to promote or preserve utilizing existing natural resources and or to not destroy nature and its contents.

3 komentar:

  1. nuhun ka akang-akang ti papsi nu tos ngpublikasikeun salah satu karya anak bangsa mengenai tulisan tentang geopark ciletuh, oge selamat atas prestasinya geopark ciletuh sudah mendapat sertifikat tingkat nasional pada tanggal 22 Desember 2015, diantos tingkat internasional sukses lah

    BalasHapus

 

Popular Content

Bahwa penyelenggaraan paguyuban ini diharapkan menjadi wadah ide, gagasan, dan saran masyarakat untuk memajukan daerah dengan memanfaatkan atau melestarikan kekayaan alam yang ada dan atau untuk tidak merusak alam dan isi-isinya.
Paguyuban percaya bahwa Potensi Alam yang dimiliki Alam Pakidulan Sukabumi sangat melimpah, kaya akan keindahan dan dijadikan sarana pendidikan yang diperoleh dari proses pembentukan alam yang khas, adalah milik yang paling berharga daerah ini dan karena itu perlu diperhatikan untuk dilestarikan serta diperkokoh kekuatan alam yang kaya akan pengetahuan ini.

Recent Posts

Secretariat Office

Jl.Tamanjaya No. 09 Rt.01 / Rw.02 Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, West Java - 43177 Indonesia
+6281323341341
Copyright © PAPSI | Designed by Templateism.com